Selamat pagi Cekgu!

Malaysiaaa, here we go!

Hai, trip ke Malaysia cukup spontan Aku putuskan bersama temen deketku, nama panggilannya cekgu. Saat ketemu promo tanpa pikir panjang kita pesen, sebagain orang bilang, kita berdua aneh banget, engga jelas banget karena memutuskan pergi random berduaan. Tapi kalo kita sih nganggepnya kapan lagi bikin cerita yang bakal jadi pengalaman. yauda, yang penting aku sama cekgu bisa jadi traveler di negeri orang dan belajar banyak dari sini.. terlepas dari itu, karena kita berdua emang seneng banget jalan-jalan sih hehe..

“Something that you do not expect brings a surprise to your life. I called it Friends”
katanya, lifetraveller.

cerita sedikit, ngomongin partner perjalanan itu engga bisa sembarangan juga apalagi ini berdua engga yang ramean.. kebayang banget sifatnya, apa maunya disatuin saat traveling, ribetnya mesti kita terima satu sama lain, pemikirannya mesti kita terima satu sama lain.. sama kayak yang Aku rasaian pas sama cekgu. untungnya ya kita sama-sama jadi temen yang pengertian, sepemikiran, sering ngakak engga jelas.. dan karena udah sahabatan lama. jadi cukup tau sifat satu sama lain.

kita juga sempet sedikit debat,banyak malah haha apalagi pas dijalan kayak misalnya.. Aku tuh tipikal orang yang agak panik banget sama suatu hal. misalnya, swaktu itu menuju berjaya ada orang gila di depan mata marah-marah.. Aku tuh takut banget dan peka banget dari jauh, sedangkan cekgu engga peka dia berpikir malah itu orang jualan yang suaranya kebetulan kenceng dia bahkan ga sadar :( itu orang gangguan jiwa, dia berani banget sampe kata dia keberanian dipupuk karena mental jakarta bgt.. dan entah kenapa setelah kejadian itu semua orang jadi Aku curigai, sampai Aku tuh suka curigaan sama orang no maden yang nongkrong di halte, gara-gara sebelumnya kita dikasih pesen mesti hati-hati di sini. sedangkan, momen kayak gitu bikin cekgu jadi ga nyaman dan malah jadi takut.. dan dia waktu itu sampe mau ngalah untuk ngikutin Aku muterin jalan besar panas-panas biar menghindari orang yang serem dijalanan.. hahaha

"cekgu.. kayaknya orang itu mencurigakan..kita harus muter balik"

"miranti.. plis banget itu tuh ga kenapa-kenapa laaay..."

"cekgu, jangan dulu deh kata gue.. kita mesti pikirin dulu kita kesana ga mesti pake travel"

"lo yakin ga mau pake travel, kita udah ke jauh kesini loh plis laah"

"miranti.. plis banget jangan ngagetin apa lay"

"miranti menurut lo lucu ga yang ini"

"plis ya cekgu gue lagi hemat. plis.."

begitulah.. masih banyak debat debat dan percakapan Aku sama cekgu saat perjalanan di Malaysia yang cuman berdua.. berasa banget, ada momen cekgu sebagai penunjuk jalan, Aku yang jadi penumpang dia.. kadang gue yang ngarahin dan sebaliknya.. dari mulai memutuskan naik apa, beli apa, abis ini kemana sampe pilih makanan..

Aku pernah baca, kata Umar bin Khatab kurang lebih, jika kita benar-benar mau mengenal teman kita wataknya seperti apa, coba berpergian dan menginap bersama selama 10 hari.. maka kita akan tau sifatnya.. kita baru lima hari sih wkwk.. ya ampuuun cekgu, semoga yang baik dari kita bisa diambil, yang buruk jadi dibuang jadi hal lucu, tapi banyak kocaknyaa.. haha Alhamdulillah perjalanan ini seru banget, mungkin next.. kita harus sama pasangan hidup kita masing-masing kali yaa.. Aamiiinnn.

***

Malaysia jadi opsi kedua setelah Aku putuskan, tadinya Aku pengen banget ke Bali.. karena belum pernah kesana sebelumnya. Katanya pantainya bagus-bagus terus banyak wisatawan dan tempat belanjanya murah-murah. Tapi ngeliat tiket lebih mahal sedikit jadi agak males deh, terus sempet mikir worth it ga sih kesana, ke Malaysia.. cekgu meyakinkan gue kalo kita kesana kayaknya bisa city tour gitu ngeliat perkembangan dan sejarah negara lain.eh akhirnyaa, Aku malahan jadi bersyukur se bersyukur itu sama Allah Aku bisa berkunjung ke kota ini, di negara ini Alhamdulillah... dan kota ini, negara ini indah banget dan nyaman apalagi ini termasuk negara Islam..

HARI PERTAMA

..Bandara KLIA 2 (Kuala Lumpur International Airport 2)

Sebentar, jadi sampe bandara ada insiden salah antri  malah ke antrian orang yang transit buat ke dubai huhu kita malah antri disitu.. sampe bingung sendiri dan balik lagi ke arah jalan, udah gitu Aku sama cekgu di line berbeda jadi bahaya banget kalo kita pisah, hiks untung Aku tuh nengok.. coba kalo Aku ga nengok udah bisa berpisah kita. Maklum, rasanya ngantuk dan capek banget karena abis kerja juga, jadi engga tidur langsung dan kita flight jam dua malem sampe kuala lumpur shubuh..  ditambah abis salah antri salah nungguin bagasi.. kita sama-sama sadar kalo kita berdiri di antrian yang orangnya cina semua.. ya Allah, haha akhirnya mesti jalan ke ujung dan koper kita yang tersisa (untung masih bisa ditungguin). Kita geleng-geleng kepala berdua sambil liat-liatan

“baru hari pertamaaa plis deeeh”

Sampai bandara langsung sholat shubuh dan beli tiket bus namanya star shuttle express menuju pudu. Disana ada loket tiket tempat pembeliannya.. harga star bus 12 RM yaa sekitar 36.000 rupiah. Kita beli dan langsung dapat karcis, keberangkatan bus pukul 7.15. btw, jam segitu di Malaysia masih agak gelap, dan shubuhnya juga jam sekitar jam 6.. sambil nunggu, kita berkali-kali ditanya sama turis cina, mungkin muka kita mirip orang malaysia kali ya.. ahaha. Bisnya lumayan nyaman, berAC.. saat menuju Pudu kita sempet berhenti di terminal gitu dan mayoritas suku India yang naik bis ini. Aku ga gitu banyak merhatiin jalan saat menuju hotel di Pudu kebanyakan tidur karena emang ngantuk berat belum tidur bener sama sekali..

pas sampe Pudu kita turun di halte, bener aja entah kenapa disekitar orang India semua, kita sempet kewalahan jalan bawa koper nyari AnCassa Hotel.. sampe agak worry, bener ga sih kita disini, soalnya tempatnya agak tua, dan agak kotor suasananya. berkali-kali tanya petugas sekitar, berkali-kali ditawarin taxi.. akhirnya nemu hotel kita yang ada tulisannya UTC. lokasinya ke arah bukit bintang tepatnya di dalam UTC di lantai 4.. beberapa meter kita jalan dulu buat ke arah UTC.. Alhamdulillah, nemu hotel kayak nemu rumah banget udah kebayang mau tidur dulu deh sama mandi. Tapi, ternyata mesti nunggu beberapa jam buat check in hotel.. sampe kayaknya petugasnya kasian kita nunggu terlalu lama dan jam 12 siang udah bisa check in hamdallah, plusnya kita dikasi pilihan opsi mau keliatan jendela apa engga. Mestinya sih, kalo keliatan jendela bakal lebih mahal tapi kita dikasih yang ada jendelanya dong... seneng bgt! sampe kasur kita berencana istirahaaat dulu baru bikin rencana, sempet ide ntar malem ke jalan Alor deh.. ini pemandangan dari hotel, menara petronas bisa keliatan..

ALOR STREET MALAM HARI

Untuk menuju jalan Alor, kita memutuskan naik uber karena tempatnya belum paham banget, dan udah malem sekitar jam delapan. Pas mesen uber kita ngobrol banyak.. pake bahasa indo dan melayu campur inggris.. dia khawatir sama kita berdua, sampe bapak uber menawarkan bantuan kalo terjadi ada apa-apa sama kita, mungkin karena kita berdua perempuan dan ga ada keluarga dan ga sama muhrimnya disini. Orang disini baik-baik, dia juga gratisin kita 5 sen ehehehe jadi bayarnya 4 RM aja deh.. makasih pakcik uber! Ternyata alor itu Cuma sekitar 2 km dari hotel hahaha jadi ngakak sendiri.. besok-besok jalan kaki deh kesini.. akibat engga pakai itenary dan serba dadakan deeh.

Kesan pertama untuk tempat ini.. Aku sukaaa! Tapi emang rame banget tapi engga rusuh jugaa. Berbagai macam etnis ngumpul disana.. Dari mulai orang cina, india, ada orang indonesia, bule sampe orang lokal. Ada live music kecil-kecilan asli orang sana alias kalo di indo macem pengamen tapi yang ini keren gitu deh, suaranya juga bagus banget.. dan Aku rasa semua pengunjung nikmatin para pengamen disini. nah pengamen disini tuh engga sama sekali menganggu para pengunjung kok. Justru membuat kita terhibur banget..

ohiya kalo diliat kiri kanan penuh banget sama restoran dan pedagang kaki lima. Jenis makanan di restoran dari mulai seafood, makanan thailand sampe ke arah ujung banyak yang jual sate kodok, dan bangku meja untuk pengunjung dibiarkan terbuka..disini Aku kayak bener-bener nikmatin suasana jalan alor banget..

tujuan pertama kesini, Aku sama cekgu langsung berburu durian musang king.. yang katanya enak banget, tapi kecewa sama harganya.. ya sama aja sih sama disini kirain bakal dapet murah haha, tapi sebelum hunting duren kita langsung jajan durian goreng, dimana si gorengan ini penampakannya full isi durian cair gitu dalemnya, kemudian di goreng panas-panas.. parah! Enak banget, suatu hari aku harus balik lagi dan aku pasti akan beli gorengan itu lagi..  harganya 10RM dapet 3 biji..

abis jalan nikmatin gorengan langsung ke durian musang king. Kita beli yang standar di atas stereofoam isinya sekitar 3 biji besar-besar, kita duduk sebelahan sama orang bule aku lupa dia asal mana, tapi dia cerita kalo dia pertama kali banget nyobain yang namanya durian.. dia cerita rasanya like sweet garlic dan dia engga suka sama rasanya. Kita bilang, di indonesia ini favorit banget.. abis itu dia minta tissue sama kita, tapi kita ga punya.. terus dia bilang “you are girl right? Why do not you have tissue?” kita ketawa  sampe bingung sendiri sama malu.. kenapa ya kita ga nyimpen tisu haha

sebelum pulanh kita mampir minimarket sevel deket hotel buat beli mie instan rasa kari dan disana kita juga ketemu Bapak orang Indonesia dari sumatera, yang sapa-sapaan dan nanya

“mie yang enak apa ya disini?”
"kita engga tau pak, selain indomie goreng yang ada di Indonesia yang enak.."

***

..sambung ke episode berikutnya ya..
..biar engga panjang banget..