Minggu, 31 Juli 2016

Tentang Tugas Akhir.

tugas akhir.

"when you feel tired and want to give up, remember when you excited to start the journey"

sebelum menulis ini, Alhamdulillah gue bersyukur karena sudah punya gelar sarjana. jadi gue akan lebih leluasa menulis tentang suka duka dan cerita gue tentang tugas akhir (skripsi). soalnya kalo gue menulis disaat gue merasakan skripsi kayaknya rada ngeri....

gue sempet engga percaya udah ngeberesin semuanya, se engga percaya itu kadang kalo di flashback lagi kalo diinget-inget lagi gue lemah banget, maklum drama banget semester akhir. super drama. parah drama banget.. kan nulisnya aja pake drama.

mengingat beberapa bulan lalu..
sebenernya gue excited banget menyambut semester akhir, seneng aja karena gue merasa akan memulai semester akhir ini dengan kerapihan, dengan niat terbaik dari diri gue. kerapihan itu nomor satu buat gue, tapi gue susah banget buat rapi makanya gue bilang gue udah memplanning segala hal dari mulai kerapihan. catetan gue, menyusun tugas akhir gue. rapih, mesti rapih supaya kesananya enak. 

dimulai dari hunting notes ke gramed, niatnya supaya semangat. gue emang suka banget sama notes. tapi jeleknya jadi banyak notes yang engga kepake di meja belajar dan isinya jadi kerasa sampah banget. makanya mulai beberapa semester menuju akhir gue selalu membeli notes yang nyaman untuk ditulis, jadi enak ngabisin kertas sampai akhir lembar. tarank! gue akhirnya sayang sama notes cokelat full ada motif timbul, bahannya kulit kw. dan, notes ini akan menjadi catetan apapun di semster ini.. dan energi gue mulai bersemangat saat sudah membelinya.. ha ha ha.

untuk semester ini di departemen gue ada sebanyak 6 sks. dimana, 2 sks untuk sidang proposal yaitu kita harus menyelesaikan rancangan penelitian di mulai dari bab1-bab4 dan 4 sks untuk sidang skripsi yang dimana kita harus mempresentasikan bab1-7. oke, saya mulai melaju untuk bertekad menyelesaikan 6 sks di semester akhir ini agar lulus tepat waktu.

dimulai dari pemilihan topik. hal ini sebetulnya seru banget tapi bikin bingung. perpustakaan jadi tempat terfavorite angkatan gue, semua orang ambil skripsi dan kita diskusi topik masing-masing yang mau di ambil. kadang malah ada yang ke distract jadi bercanda buat bahas kata pengantar orang, dari ngomongin hal engga penting sampe penting banget terkait topik. karena, sebagaimanapun gue tetap butuh teman-teman untuk dapet masukan dari mereka semua seperti Nadia, Kamaluddin, Nabila, Wulandari, Ryza, Diah, Umi dan Nunung. sebetulnya, gizi itu kaya akan topik yang banyak banget yang mestinya bisa dibahas.. banyak banget. gimana engga hidup engga terlepas dari kebutuhan primer yaitu butuh makan. dan ilmu kita pasti ada diseputaran asupan dari mulai bayi sampe lansia.

pada akhirnya, banyak teman-teman gw yang udah fiksasi topik, dari mulai yang udah mulai bimbingan dll. gue mulai panik, sebetulnya ada insiden di bulan pertama memasuki semester ini.. sempet dilema banget buat ambil dan memutuskan ini. gimana engga, tadinya gue harus ambil proyek penelitian yang mengikutsertakan skripsi dengan timeline sampai desember... yang artinya gue ga bisa lulus tepat waktu kalo ambil ini. akhirnya dengan menguatkan tekad, pikiran dan banyak masukan gue melaju untuk menolak kepada pembimbing tercinta, aslinya ga gini sih gue sempet pake drama nangis :p 

gw harus menyelesaikan kewajiban  tugas akhir ini dengan tepat waktu karena dengan menunda tugas akhir gw bisa menunda mencari kerja, dengan menunda mencari kerja gw akan menunda untuk menikah. ga juga sih.. hehe, intinya adalah banyak planning kedepan yang mesti gue kejar selain hal yang satu ini.

at the end, untuk masalah topik.. dengan kuasa, akhirnya takdir membawa gue untuk memilih topik ASI Eksklusif. iya! seperti yang kita tau semua bayi berhak mendapat ASI Eksklusif dari 0-6 bulan.
awalnya gue sama sekali engga kepikiran buat milih topik ini, gue lebih ke seputar gizi anak-anak sekolah, gizi kerja dll yang kata orang-orang "itu lo banget mir!" oke ASI Eksklusif ini berarti bukan gue banget.. tapi setelah ini orang2 selalu mention gue dan nuha tentang ASI eksklusif. Allah tuh emang baik banget.. tau banget apa yang hambanya butuhkan, banyak hikmah ambil topik ini.. kerasa banget kebermanfaatnnya terutama buat diri sendiri sebagai perempuan. gue sering banget bahas ini sama nuha (sahabat gw) kebetulan kita terjebak di topik yang sama. Alhamdulillah...

ga kerasa, gue sampe engga nyangka udah sampe di tahap gue maju untuk sidang proposal. gue dibantu banget sama temen-temen deket kayak dari mulai hal kecil sampe hal yang besar. dari mulai cuma ngedelete tabel, rubah posisi tabel, rapihin konten, periksain yang typo, belajar jadi penguji, presentasu di depan mereka. banyak banget... dan gue sangat berterimakasih dan bersyukur punya mereka yaitu Nuha, umi Findi, Diah dan Nunung.. sampe mereka udah ngertiin gue banget yang biasa salah dimana. terimakasih ya Allah..

gue merasa agak failed di sidang ini, tapi kalo diinget jadi lucu sendiri. gue merasa cetek banget atas apa yang udah gue kerjakan dari bab1-4 banyak masukan dari para penguji sekaligus pembimbing yang sangat sangat menguji gue.. tapi, tentunya banyak hikmah dari sidang ini. kegagalan di sidang proposal kemudian membuat gue harus memperbaiki segalagalanya, gue sempet takut banget buat bimbingan lagi. dimulai dari gue membaca detail revisi yang ditulis sama cekgu saat gw presentasi, kemudian gue menambahkan semua tinjauan pustaka dan banyak hal. setidaknya gw berharap di sidang berikutnya gw ga segagal ini dan gw mesti menyusun rancangan dan strategi sebelum tempur di sidang berikutnya.

untuk pengambilan data, gue bersyukur banget punya mereka, gw sangat dibantu oleh sahabat-sahabat di kampus yaitu nuha, cekgu nadia, emak wulan, mima, nabila dan sispa. mereka bahkan sampai nginep dirumah gw dan rela panas-panasan untuk mencari responden yaitu ibu yang punya bayi 6-12 bulan. dimulai kita semua dikira sales, tukang jualan susu sampe ditolak mentah-mentah buat dijadiin responden. lagi-lagi Allah kirimin pertolongan selama proses pengambilan data karena gw sempet off karena sakit sekitar seminggu dan jadwal posyandu sama sekali engga kekejar bikin down dan sedih banget. akhirnya gue harus merubah teknik sampling jadi accidental sampling

setelah ambil data, gue merasa terlalu terlena gue mulai agak memanjakan diri sendiri dengan tidak melakukan apapun terkait skripsi. gw udah mulai muak melihat kuesioner bertebaran sebanyak 100an. walaupun yang diambil hanya 94, gue bener-bener males banget buat memulai entry data. dan ternyata periode ini juga dirasakan temen-temen lain. akhirnya, gw mulai ngebut lagi dan merasa panik saat kamaluddin udah mulai mengajukan jadwal sidang. kayak semacem alarm buat gw.. terimakasih kamaluddin! 

menuju proses sidang, nuha sangat membantu gw dari mulai 2 jam private spss di perpustakaan sampai kepada bagian analisis. dan meyakinkan banyak hal kalo gw bisa dan mampu lewatin sidang. gw khawatir kejadian dan kegagalan di proposal terulang lagi. kita berdua saat itu sama-sama takut. belum lagi, penjadwalan jadwal sidang yang engga karuan sedangkan semua serba mepet karena gw berencana sidang sebelum libur lebaran. ditambah ditolak penguji luar saat jam udah settle semua, semua pusing dan banyak detail kejadian yang sebenrnya engga bisa gw ceritain. sampe pada akhirnya saat sidang mas oki rela cuti untuk nonton sidang gw, khawatir iya. gw bertekad gw engga boleh memalukan saat sidang untuk orang yang udah jauh-jauh dateng cuma buat support gue. eh tetep aja... ada beberapa hal yang cocok emang diketawain dari mulai kata pengantar sampai kesimpulan. tapi namanya juga hidup, penuh pembelajaran..haha.

tapi alhamdulillah lancar.. keinget banget kita semua tukeran kado sidang bareng temen-temen terdekat, foto-foto sampe capek kayak lagi punya acara. dan gw bahagia.. makasih yaaa. 

"yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran, yang akan membuatmu terpana hingga lupa pedihnya rasa sakit" -Ali bin abi thalib.

***

dan pada akhirnya...
sekarang kita semua, udah bisa senyum-senyum,ngakak bareng saling ledekin satu sama lain tentang kejadian sidang, pengerjaan skripsi. semoga topik kita masing-masing bisa bermanfaat buat diri sendiri dan masyarakat ya..

"Percayalah, pertolongan Allah itu sangat dekat"

and finally.... 
Miranti Azmi, S.Gz 
I got the title on my name. 
Allah memang baik... tentunya doa dari orantua dan dukungan teman-teman semua.
terimakasih banyak. and.. welcome to the real world.