Keluarga kedua waktu kuliah


Aku tuh udah niat banget, malem ini planningku bakalan nulis tentang mereka..

Sebenernya kemarin-kemarin Aku kayak ngitungin minggu karena bentar lagi wisuda! excited aja rasanya. Kayak momen yang udah lama bakal Aku tungguin banget. buat pake toga, foto merem, sambil loncat depan rektorat sambil lempar toga dan bilang “wisudaaa” eh tapii kayaknya engga se ekspektasi itu deh haha pasti kenyataannya Aku tuh bakal repot kaki Aku juga bakal lecet pake heels yang warna nude itu, dan rempong jalan karena rok nyepan, terus repot bawa-bawa barang karena tas ga muat hahaha. Selain Aku mikirin itu sebenernya Aku mikirin sesuatu.

Aku anaknya seneng banget diskusi, ngomongin hal baru, dengerin planning orang, rencana orang dan kita bahas bareng-bareng minta pendapat, sampe baper inropeksi diri dan semua ini Aku lakuin ketika Aku sama mereka di kosan. Buatku kosan pas kuliah bukan cuma jadi rumah kedua, bahkan kadang kosan jadi tempat prioritas Aku gitu untuk pulang. Aku bisa lama-lama betah dikosan bahkan kalo udah dirumah sendiri aja rasanya pengen cepet balik kekosan karena bisa lebih produktif juga. Bukan karena rumahku sendiri ga nyaman juga ya, tapi ada momen Aku selalu seru aja karena ada bahasan dan cerita lucu dari temen-temen kosan yang selalu Aku tungguin banget apalagi dari Nungki. 

Buatku mereka udah kayak bener-bener keluarga kedua. Dimana keluarga adalah tempat buat pulang, saat diluar kosan Aku bisa main sama temen-temen lain, punya geng lain, kongkow sana sini. Mereka juga gitu punya kesibukan lain, temen lain. Tapi kayak keluarga yang akrab banget pas selesai kita capek, jalanin aktifitas kita bakal pulang ketemu orang-orang rumah, ketemu mereka dikosan. Itu yang Aku rasain selama kuliah. Intensitas Aku sama mereka emang bisa diitung jari kalo lagi diluar tapi Aku lebih sedeket itu pas dikosan sama mereka. Aku bisa cerita apa yang Aku suka, bahkan ada beberapa cerita yang cuma Aku bisa ceritain ke mereka engga ke temen-temen lain, pas Aku lagi kesel sedih marah kecewa seneng bahagia ya ke mereka. dari mulai males mandi, muka bangun tidur sampe nyuci nyetrika dll ketemunya selalu mereka lagi. 

Dan akhirnya, sambil Aku ngitungin minggu menuju wisuda. Aku tuh juga mikirin mereka. Dalem hati ya ampun ini orang-orang bakal jauh dari Aku dong. Aku sebenernya berat banget udah ga ngekos tapi ya mau gimana.. buang-buang uang juga kalo ngekos doang sedangkan masa perkuliahan udah engga ada, malah sepi.. Aku sering bgt punya alesan nginep-nginep di nungki yang padahal Aku seneng aja pengen ngobrol-ngobrol sama mereka sampe pagi, begadang bareng sampe kalo laper ke warteg mesen makan berasa di puncak pass, curhat engga jelas tentang kehidupan, dengerin planning2 mereka. Aku sebenernya khawatir jauh dari mereka, Aku udah ga bisa dong kayak dulu lagi yang Aku engga bisa tau 24 jam kabar mereka kayak gimana. Kabar diah kayak gimana, nungki kayak gimana umi gimana. Sedangkan, Aku selalu akan butuh orang orang kayak mereka. Aku harus nerima kalo ya hidup emang harus ada perpisahannya. mereka baik banget..

Aku tuh engga pernah milih buat diketemuin sama mereka. Kayak jodoh, kita engga akan pernah bisa milih mau jatuh cinta sama siapa tapi kayak ya sayang aja gitu. Kadang kita suka nginget-nginget kenapa kita bisa tiba-tiba bareng gini. Dari mulai tingkat satu kita di asrama barengan dengan kamar yang jauh banget. Terus karena harus banget ninggalin asrama karena masa jadi maba udah abis kita barengan buat cari kosan. Aku deket sama nunung pas kita sama-sama ngobrol di bikun kemudian Aku tuh ngeliat nunung orang yang struggle buat tinggal disini karena jauh dari rumah dan orangtua. Aku selalu salut sama orang yang punya keberanian hidup kayak mereka. Kayak diah, nungki dan umi. Mereka jauh banget dari rumah dibanding Aku yang kalo mau pulang tinggal naik kereta terus bisa minta jemput udah gitu selesai.

Aku banyak belajar dari mereka, di mata Aku mereka adalah orang-orang yang keren, orang yang bikin Aku melek buat memandang sesuatu dari segi apapun. Aku bilang mereka orang terpilih yang dikirim Allah buat nemenin Aku selama 4 tahun di kampus. kalo ditanya kepribadian kita semua beda banget. ada diah yang introvert lebih milih diem di kamar, males makan kalo engga disuruh, males jalan kalo engga ada motivasi, galak kalo umi lagi bawel. belom lagi nungki yang anaknya pekerja keras, tahan banting.. engga ngerti lagi deh ohya, dari mahasiswa dia udah mandiri tapi kadang suka bikin kita khawatir karena gampang percaya sama orang. dan umi findi, Aku tuh yang paling sering banyak tanya sama dia, umi orangnya baik banget sabar dan penyanyang, berjuang cari uang buat keluarga. umi yang ngingetin kita kalo lagi ngelenceng kemana-mana, kadang bercanda sampe sakit perut ketawa ber empat dikamar sambil maskeran.

dari mereka Aku juga belajar kesederhanaan. dari diah yang menceritakan keluarganya, dari nungki menceritakan kehidupannya dan dari umi menceritakan perjalanan hidupnya. Aku banyak belajar banget dari mereka, sangat banyak. dan setelah kita membicarakan planning kita dari masing-masing individu, kita punya cita-cita juga mimpi yang beda-beda. Aku sedih banget sekaligus haru sebenernya pas mereka mutusin buat berkarir di daerah masing-masing. Aku bakal beneran jauh dong, bahkan buat weekend aja kita susah lah bahkan engga bisa se freetime dulu kalo buat cerita atau ketemu. kalo dulu kalo gue mau cerita atau butuh sesuatu Aku tinggal ngetok pintu mereka. dan sekarang Aku harus dewasa buat ambil mimpi-mimpi kita dijalan masing-maisng. maaf ya, Aku tuh emang yang paling mellow anaknya..

kemarin kita sengaja main bareng seharian buat jalan-jalan di jakarta. katanya kita udah bosen kalo cuma makan di kutek atau di kukel hehe. 

Dear, nungki, umi findi dan diah. doain Aku ya, supaya bisa struggle kayak kalian karena aku cukup manja diantara kalian.. mungkin, Aku bakal naik kereta bogor jakarta kayaknya buat menjemput karirku nih wkwk Aamiinn! buat kalian, dimanapun kalian berada Aku selalu inget kalian, sayang kalian. kosan kita jadi bagian cerita kehidupan kita ya.. semoga kalian sehat-sehat selalu, bisa mengembangkan daerah masing-masing, mimpi kalian tercapai dan bahagia sama suami masing-masing. and I'll be missing you umi, nungki, diah..

Aku akan kangen kita ngobrol sampe pagi, ngetawain nungki kalo lagi diplomatis ceritanya, gangguin diah kalo lagi tidur, narik umi kalo lagi concern ngurusin urusannya, ngobrol tentang intropeksi dan ujungnya bawa perasaan, ngingetin kebaikan, lari-lari pake mukena mau sholat berjamaah, nonton tv bareng, makan bareng-bareng dari mulai depan tv, kamar sampe berjam-jam disana, manjat pager karenna udah digembok, teriak-teriak karena dikunciin, mintain sampo kalo abis, minjem duit kalo belom ambil atm/dikirimin orang tua kita, main karaoke2an, main acting2an, salon-salonan huhu dan banyak cerita pelajaran hidup dan segalagalanya yang ga bisa Aku ceritain detail karena cukup panjang... makasih banget udah bantuin Aku banyak hal dan kasih pelajaran hidup. banyak banget banget :")

baik-baik ya.. tetap jadi orang baik hati, sederhana dan pengingat dalam kebaikan.
ohiya, jangan lupa bawa bekel kalian selama empat tahun di kampus ini dibawa ya buat daerah kalian dan hidup kalian masing-masing.
sampai ketemu lagi buat mengulang cerita kita dikosan dulu salam buat suami dan keluarga kecil kalian nanti.
Allah selalu sama kita. 



selamat menjemput mimpi-mimpi kita coy! siap berangkat dan bawa bekel kita! hehe..
semoga Allah selalu menjaga kalian.

Comments

Popular Posts