Tentang Tugas Akhir.

tugas akhir.

"when you feel tired and want to give up, remember when you excited to start the journey"

sebelum menulis ini, Alhamdulillah Aku bersyukur banget karena sudah punya gelar sarjana. jadi Aku bisa lebih leluasa menulis tentang suka duka dan ceritaku tentang tugas akhir. soalnya entah kenapa kalo Aku nulis disaat Aku masih ngerasain skripsi kayaknya takut aja gitu....

Aku tuh ya, sempet engga percaya udah ngeberesin semuanya, se engga percaya itu kadang kalo di flashback lagi kalo diinget-inget lagi Aku kadang lemah banget, rasanya tuh banyak drama banget semester akhir..

mengingat beberapa bulan lalu..
sebenernya Aku excited banget buat menyambut semester akhir, seneng aja karena Aku ngerasa akan memulai semester akhir ini dengan kerapihan, dengan niat terbaik dari diri Aku. kerapihan itu nomor satu buat Aku. karena aku engga rapih banget jadi Aku berjanji ke diri sendiri untuk rapih mulai semester ini.

untuk semester ini jurusanku berbobot enam sks. dimana, dua sksnya tuh untuk sidang proposal. kita harus menyelesaikan rancangan penelitian di mulai dari bab satu sampe empat. terus, empat sks untuk sidang skripsi yang dimana harus mempresentasikan semuanya. oke, Aku mulai semangat untuk bertekad menyelesaikan 6 sks itu dengan baik di semester akhir ini supaya lulus tepat waktu.

dimulai dari pemilihan topik. hal ini sebetulnya seru banget tapi bikin bingung. perpustakaan jadi tempat terfavorite angkatanku, semua orang ambil skripsi dan kita diskusi topik masing-masing yang mau di ambil. kadang malah ada yang ke distract jadi bercanda buat bahas kata pengantar orang, dari ngomongin hal engga penting sampe penting banget terkait topik. karena, sebagaimanapun gue tetap butuh teman-teman untuk dapet masukan dari mereka semua kayak Nadia, Udin, Nabila, Wulandari, Ryza, Diah, Umi dan Nunung. sebetulnya, gizi itu punya topik yang banyak banget yang mestinya bisa dibahas.. banyak banget. gimana engga hidup engga terlepas dari kebutuhan primer yaitu butuh makan. dan ilmu kita pasti ada diseputaran asupan dari mulai bayi sampe lansia.

sampe akhirnya, banyak teman-teman yang udah fiksasi topik, dari mulai yang udah mulai bimbingan dll. disitu Aku mulai panik banget, sebetulnya ada insiden di bulan pertama memasuki semester ini.. sempet dilema banget buat ambil dan memutuskan ini. gimana engga, tadinya Aku ditawarin ambil proyek penelitian yang mengikutsertakan skripsi dengan timeline sampai desember... yang artinya Aku bisa ga bisa lulus tepat waktu kalo ambil ini. akhirnya dengan menguatkan tekad, pikiran dan banyak masukan Aku berani untuk menolak kepada pembimbing. Aku tuh  sempet pake drama nangis segala lagi..

Aku harus nyelesaikan kewajiban  tugas akhir ini dengan tepat waktu karena dipikiranku dengan menunda tugas akhir Aku bisa menunda mencari kerja, dengan menunda mencari kerja Aku juga akan menunda untuk menikah. ga juga sih kan semua udah ada takdirnya ya.. hehe, intinya adalah banyak planning kedepan yang mesti Aku kejar selain hal yang satu ini.

at the end, untuk masalah topik.. dengan kuasa, akhirnya takdir membawa Aku untuk memilih topik dan mendalami tentang ASI Eksklusif. iya! seperti yang kita tau semua bayi berhak mendapat ASI Eksklusif dari 0-6 bulan.
awalnya Aku tuh sama sekali engga kepikiran buat milih topik ini, Aku lebih suka tentang gizi anak-anak sekolah, gizi kerja dll yang kata orang-orang "itu lo banget mir!" oke ASI Eksklusif ini berarti bukan Aku banget dong ya.. tapi setelah ini orang2 selalu inget Aku dan nuha tentang ASI eksklusif. Allah tuh emang baik banget.. tau banget apa yang hambanya butuhkan, banyak hikmah ambil topik ini.. kerasa banget kebermanfaatnnya terutama buat diri sendiri sebagai perempuan. gue sering banget bahas ini sama nuha kebetulan kita terjebak di topik yang sama. Alhamdulillah...

ga kerasa deh, Aku sampe engga nyangka udah sampe di tahap bisa maju untuk sidang proposal. Aku bener-bener dibantu banget sama temen-temen deket kayak dari mulai hal kecil sampe hal yang besar. dari mulai cuma ngedelete tabel, rubah posisi tabel, rapihin konten, periksain yang typo, roleplay jadi penguji, presentasi di depan mereka. banyak banget... dan Aku sangat berterimakasih dan bersyukur punya mereka yaitu Nuha, umi Findi, Diah dan Nunung.. sampe mereka udah ngertiin Aku banget yang biasa salah dimana. terimakasih ya Allah..

sebenernya Aku merasa agak failed di sidang ini, tapi kalo diinget jadi lucu sendiri. Aku ngrasa engga ada apa-apanya banget atas apa yang udah Aku kerjain dari babsatu sampe empat. banyak masukan dari para penguji sekaligus pembimbing yang sangat sangat menguji mentalku banget.. tapi, tentunya banyak hikmah dari sidang ini. kegagalan di sidang proposal kemudian membuat Aku harus memperbaiki segalagalanya, Aku tuh sempet takut banget buat bimbingan lagi. dimulai dari Aku membaca detail revisi yang ditulis sama cekgu pas Aku presentasi, kemudian Aku menambahkan semua tinjauan pustaka dan banyak hal. setidaknya Aku tuh berharap di sidang berikutnya Aku engga boleh segagal ini dan Aku mesti menyusun rancangan dan strategi sebelum tempur di sidang berikutnya.

untuk pengambilan data, Aku bersyukur banget punya mereka, Aku bener-bener sangat dibantu oleh sahabat-sahabat di kampus yaitu nuha, cekgu nadia, emak wulan, mima, nabila dan sispa. mereka bahkan sampai nginep dirumahku dan rela panas-panasan untuk mencari responden yaitu ibu yang punya bayi 6-12 bulan. dimulai kita semua dikira sales, tukang jualan susu sampe ditolak mentah-mentah buat dijadiin responden. lagi-lagi Allah kirimin pertolongan selama proses pengambilan data karena Aku sempet off karena sakit sekitar seminggu dan jadwal posyandu sama sekali engga kekejar bikin down dan sedih banget deh kalo diinget.. akhirnya Aku harus merubah teknik sampling jadi accidental sampling

setelah ambil data, Aku merasa terlalu terlena Aku tuh mulai agak males, manja, capek dengan engga ngapa-ngapain buat skripsi. Aku tuh udah mulai muak melihat kuesioner bertebaran sebanyak 100an. walaupun yang diambil hanya 94, rasanya Aku bener-bener lagi males banget buat memulai entry data. dan ternyata periode ini juga dirasakan temen-temen lain. akhirnya, Aku mulai ngebut lagi dan merasa panik saat udin udah mulai mengajukan jadwal sidang. kayak semacem alarm buatku.. terimakasih loh teman!

menuju proses sidang, Aku dibantu nuha banget dari mulai 2 jam private spss di perpustakaan sampai kepada bagian analisis. dan meyakinkan banyak hal kalo Aku tuh bisa dan mampu lewatin sidang. Aku khawatir kejadian dan kegagalan di proposal terulang lagi. kita berdua saat itu sama-sama takut. belum lagi, penjadwalan jadwal sidang yang engga karuan sedangkan semua serba mepet karena Aku maunya sidang sebelum libur lebaran. ditambah ditolak penguji luar saat jam udah settle semua, semua pusing dan banyak detail kejadian yang sebenrnya engga bisa gw ceritain. sampe pada akhirnya saat sidang mas oki rela cuti untuk nonton sidangkuu.. hehe. Aku tuh bertekad Aku engga boleh memalukan saat sidang untuk orang yang udah jauh-jauh dateng cuma buat support Aku. eh tetep aja... realitanya banyak koreksi dan kadang sekarang jadi bahan ketawaan.

tapi alhamdulillah lancar.. keinget banget kita semua tukeran kado sidang bareng temen-temen terdekat, foto-foto sampe capek kayak lagi punya acara. dan Aku super bahagia.. makasih yaaa. 

"yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran, yang akan membuatmu terpana hingga lupa pedihnya rasa sakit" -Ali bin abi thalib.

***

dan pada akhirnya...
sekarang kita semua, udah bisa senyum-senyum,ngakak bareng saling ledekin satu sama lain tentang kejadian sidang, pengerjaan skripsi. semoga topik kita masing-masing bisa bermanfaat buat diri sendiri dan masyarakat ya..

"Percayalah, pertolongan Allah itu sangat dekat"

and finally.... 
Miranti Azmi, S.Gz 
I got the title on my name. 
Allah memang baik... tentunya doa dari orang tua dan dukungan teman-teman semua dan orang yang kita sayang.. kalian adalah terbaik.
terimakasih banyak. 
and.. 

welcome to the real world.



g

Comments

Popular Posts